Sri Mulyani Minta PT Geo Dipa Terus Mengeksplor dan Mengembangkan Energi Renewable

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyaksikan pengambilan sumpah anggota Direksi PT Geo Dipa Energi (Persero) oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban.

Anggota dewan antara lain M. Ikbal Nur, Yudistian Yunis, Supriadinata Marza dan Hanif Osman.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani menyampaikan bahwa PT Geo Dipa Energi memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia sebagai perusahaan di bidang energi terbarukan, yaitu energi panas bumi.

Mengingat kondisi saat ini di mana harga minyak, batu bara, dan semua komoditas lainnya meroket, kemampuan Indonesia untuk melakukan diversifikasi ke energi terbarukan menjadi semakin penting dan strategis.

PT Geo Dipa harus mampu menjadi perusahaan yang mampu meneliti dan mengembangkan lebih lanjut energi terbarukan untuk kebutuhan masa depan Indonesia. Energi panas bumi adalah sumbernya. Saya berharap Direksi memahami kebutuhan strategis baik karena dipicu oleh kondisi global maupun karena kepentingan nasional,” kata Sri Mulyani, Kamis (4/7/2022).

Sri Mulyani menyatakan kemampuan Indonesia dalam memikirkan permintaan dan konsumsi energi masih relatif rendah dibandingkan negara-negara ASEAN dan G20.

Dengan meningkatnya kebutuhan energi, kebutuhan untuk dapat menghasilkan energi bersih harus segera diwujudkan.

“Bagaimana kita mengantisipasi permintaan yang akan terus meningkat, tetapi pada saat yang sama mengurangi karbon dioksida, emisi karbon, terutama dari sektor energi? Peran PT Geo Dipa sebagai perusahaan penghasil energi terbarukan dari energi panas bumi sangat penting dan nyata. Saya meminta Dewan melihat peluang dan tantangan ini sebagai lanskap yang harus diatasi,” kata Sri Mulyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.