Erick Thohir Targetkan Kementerian BUMN Jadi Yang Pertama Jalankan e-Government

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan Departemen Badan Usaha Milik Negara menjadi departemen pertama yang memperkenalkan e-government pada 2022.

Tahun ini kita harus menjadi kementerian e-government yang pertama. Itu harus kita tunjukkan,” kata Erick Thohir dalam peringatan Dies Natalis ke-24 Departemen BUMN, dikutip dari Antara, Rabu (13/4/2022).

Mengingat keterbatasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, bukan berarti Kementerian BUMN tidak boleh bergembira karena Kementerian Badan Usaha Milik Negara adalah e-government pertama. Kementerian Badan Usaha Milik Negara harus proaktif.

“Saya menerima kedatangan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, di mana sekarang nama ekosistem perangkat lunak ini menjadi peningkatan efisiensi,” kata Erick.

Bangsa Indonesia yang luar biasa ini, lanjutnya, jika Indonesia tidak mempercepat digitalisasi, Indonesia bisa menjadi bangsa yang merugi.

Alhamdulillah Kementerian BUMN sudah banyak contoh, bayangkan core value BUMN yaitu SINCERE, sekarang dipakai Kementerian, bahkan BAZinNAS Kernwerdt se”.

Bobot

Tak ada salahnya Kementerian BUMN terus terjun dan mendorong Kementerian BUMN menjadi yang terdepan dalam transformasi.

Kita seharusnya tidak menjadi pelayanan yang berat. Itu yang saya harapkan tahun ini, makanya e-government perlu diwujudkan di Kementerian BUMN, dan saya yakin kita bisa,” kata Erick.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mendesak Departemen BUMN dan perusahaan BUMN menjadi e-government pada akhir tahun 2022.

Meneg BUMN menambahkan selain itu, setiap BUMN bertujuan untuk siap secara digital dengan level minimal 3,5 dari level terbaik yaitu 4.

Menurut Erick, hal ini tidak mudah, namun merupakan tantangan yang menuntut BUMN harus terbukti mampu.

Erick Thohir Bangga BUMN Diapresiasi Bank Dunia

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi laporan Bank Dunia yang mengakui pentingnya peran BUMN dalam perekonomian di masa pandemi COVID-19.

Hal itu diumumkan Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir yang membagikan tangkapan layar pemberitaan terkait laporan Bank Dunia yang mengakui peran BUMN tersebut.

Bank Dunia mengakui peran penting BUMN di masa pandemi. Terima kasih @worldbank atas sambutannya yang hangat,” tulis Erick seperti dikutip, Senin (11/4/2022).

Dalam keterangannya, Menteri Erick mengatakan, semua pencapaian tersebut tidak lepas dari komitmen dan kerjasama yang kuat dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Negara.

Hal ini tidak mungkin kita capai tanpa komitmen dan kerjasama yang kuat dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan perusahaan-perusahaan BUMN. Kami tetap tertarik dengan BUMN untuk menjadi institusi yang berdampak positif di berbagai situasi yang dihadapi masyarakat,” ujarnya.

Adapun laporan Bank Dunia terbaru yang dirilis pada 6 April 2022, Bank Dunia menilai peran BUMN telah membantu meringankan beban masyarakat, termasuk mendukung Bertzeung 30itstemilich betelling.

Selain itu, BUMN yang dipimpin Menteri BUMN Erick Thohir juga dapat membuat prototipe ventilator dan masker, bahkan memproduksi vaksin untuk membantu mengurangi dampak kesehatan masyarakat dari pandemi COVID-19.

Bank Dunia juga mencatat bahwa BUMN lain telah membantu masyarakat menjadi lebih tahan terhadap guncangan, dan bagaimana BUMN membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *