Masa Jabatan Jokowi Sampai 2024, Sejumlah Proyek Infrastruktur Tak Boleh Mangkrak!

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah akan fokus menyelesaikan sejumlah proyek infrastruktur pada 2023 agar tidak ada infrastruktur yang macet pada 2024.

Penyusunan program kementerian dan lembaga pada tahun 2023 sedang tren atau dioptimalkan untuk penyelesaian infrastruktur dan konektivitas, sehingga tidak ada proyek yang terbengkalai hingga tahun 2024,” kata Suharso dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Donner (Pukul 21:4 202220) Keutamaan Koordinasi Pembangunan Pusat. ) . .

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah juga telah mengalokasikan Rp 97 miliar untuk meningkatkan belanja infrastruktur pada 2023, dengan fokus pada peningkatan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur.

Suharso juga optimistis target pembangunan bisa tercapai, mengingat situasi ekonomi tahun ini lebih baik dari prediksi.

Namun pada saat yang sama, Indonesia diprediksi harus terus menghadapi tantangan global dan domestik agar pembangunan dapat dilaksanakan secara realistis,” ujarnya.

Suharso menjelaskan, tahun depan akan ada 45 proyek besar yang relevan dengan arah kebijakan pembangunan tahun depan, di mana 14 di antaranya merupakan kunci pengendali target.

Dari 45 proyek besar, ada 14 proyek besar yang disorot dan diidentifikasi lebih lanjut sebagai proyek yang menempati posisi kunci dalam tujuan pembangunan nasional,” jelasnya.

14 proyek besar tersebut antara lain kawasan industri, pabrik metalurgi, pengelolaan terpadu UMKM, destinasi pariwisata utama, percepatan pengembangan energi terbarukan dan penghematan energi, reformasi sistem perlindungan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.