Dirut KAI Beberkan Ragam Manfaat Kehadiran LRT untuk Ekonomi, Termasuk Tumbuhkan UMKM

Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), mengatakan keberadaan moda transportasi LRT Jabodebek membawa sejumlah manfaat bagi perekonomian. Pertama, peluang usaha bagi UMKM akan diperluas.

Semine Semoga ini dapat memperluas peluang usaha khususnya bagi UMKM sehingga menimbulkan multiplier effect dan ini membuktikan bahwa penyeberangan tingkat baru sedang kita kembangkan,” kata Wirtsagwer seperti dikutip, Kamis (12/12/2020 5).

Didiek menambahkan, manfaat lain dari LRT Jabodebek adalah potensi pertumbuhan ekonomi baru di sekitar stasiun. Manfaat proyek LRT ini jika kita mempertimbangkan ketersediaan alternatif moda angkutan massal yang lebih efisien dan modern,” ujarnya.

Selain itu, LRT Jabodebek juga mendorong ketersediaan lapangan kerja baik selama konstruksi proyek maupun selama operasi.

Kemudian meningkatkan kinerja sistem jaringan transportasi, mengurangi kemacetan, emisi, konsumsi bahan bakar dan menghemat waktu perjalanan.

Keuntungan lainnya adalah memperkuat citra positif Indonesia sebagai salah satu negara di dunia yang mengoperasikan LRT berbasis teknologi otomasi Level 3 (GOA), menciptakan perekonomian Jakarta dan Wilayah Barat yang berkeadilan bagi pendapatan pemerintah. baik langsung maupun tidak langsung. .

Menerima pembiayaan sindikasi sebesar Rp 2.39T

Sebelumnya, PT Adhi Karya mendapatkan pembiayaan melalui pinjaman bank sindikasi sebesar Rp2,39 miliar untuk pembangunan LRT Jabodebek, dengan pembiayaan high-yield mencapai Rp950 miliar.

Konsorsium perbankan itu berasal dari Bank Mandiri dengan porsi pembiayaan 32,26 persen, BNI 32,26 persen, Bank Pembangunan Daerah Papua 20,87 persen, dan Bank Pembangunan Daerah Sumut 14,61 persen.

Total pembiayaan pembangunan seluruh fasilitas LRT di Jabodebek sebesar Rp 4,2 miliar dengan tambahan pembiayaan melalui Penyertaan Modal Negara (PNM) sebesar Rp 1,3 miliar.

Saat ini pembangunan depo LRT sudah mencapai progres fisik 72,5 persen, dengan track manuver dan track-laying sudah selesai. Selain itu, gedung kontrol utama diserahkan kepada KAI untuk persiapan operasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.