Pesawat Batik Air Jakarta-Pekanbaru Delay 4 Jam Lebih, Lion Air Beri Penjelasan

Lion Air Group menjelaskan penundaan penerbangan Batik Air (kode penerbangan ID) dengan nomor penerbangan ID-6852 untuk rute dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic Lion Air Group, mengatakan operasional dan pelayanan penerbangan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur serta memiliki keselamatan dan keamanan (safety first).

Batik Air mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” kata Danang dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Rabu (18/5/2022).

Danang mengatakan Flight ID-6852 sudah dipersiapkan dengan baik, pesawat Airbus 320-200 yang terdaftar di PK-BKF telah diperiksa secara menyeluruh (preflight check) oleh teknisi dan pilot sebelum keberangkatan.

Pesawat dinyatakan layak dan aman untuk dioperasikan (layak terbang untuk penerbangan),” ujarnya.

Sedangkan Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6852 dijadwalkan lepas landas pada pukul 10:15 WIB, membawa 6 awak pesawat dan 143 tamu (penumpang).

Setelah ground handling selesai sesuai prosedur, pesawat didorong kembali untuk mengakomodasi dirinya di taxiway,” tambahnya.

Menurut keterangan resmi Lion Air, sebelum menuju taxiway, pilot pesawat Batik Air memutuskan untuk kembali ke tempat parkir (apron). Itu karena ada lampu indikator lagi di kokpit yang perlu diperiksa. Ini berfungsi untuk memastikan aspek keselamatan penerbangan.

Setelah pesawat terparkir sempurna, semua tamu dikembalikan ke ruang tunggu. Batik Air memberikan update perkembangan dan memperkenalkan pesawat pengganti sebagai komitmen terhadap kenyamanan tamu.

Flight ID-6852 berangkat pukul 14:30 WIB dengan pesawat Batik Air lainnya, Airbus 320-200, registrasi PK-LUI. Waktu kedatangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pukul 15:51 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *