Menteri Trenggono Kunjungi Kota Pelabuhan Tertua di Eropa Utara, Jajaki Kerja Sama Sektor Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi kota Bergen di Norwegia, salah satu kota pelabuhan tertua di Eropa Utara.

Kunjungan ini untuk melihat langsung kegiatan penangkapan ikan dan untuk melanjutkan kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan sejumlah lembaga kungieden milik Norwegian Zugische.

Menteri Trenggono membawa sejumlah Musim I dan disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia, Todung Mulya Lubis, dan Ketua Komite IV DPR RI yang terkenal, G.

Pada Jumat (20 Mei 2022) Menteri Trenggono mengunjungi Institute of Marine Research (IMR) dan Direktorat Perikanan Norwegia (DoF).

IMR adalah salah satu lembaga penelitian kelautan terbesar di Eropa, melekat pada Kementerian Perdagangan, Industri, dan Perikanan Norwegia. DoF sekarang menjadi lembaga Kementerian Perikanan Norwegia yang menangani akuakultur, perikanan tangkap, dan pengelolaan pesisir.

Saya mengambil kesempatan ini untuk mengamati fasilitas penelitian perikanan terbesar milik pemerintah Norwegia. Saya berharap IMR AKAN melanjutkan kerjasama budidaya perikanan dengan KKP, seperti dalam bentuk pelatihan, peningkatan kapasitas dan kerjasama lainnya yang akan dibutuhkan di tahun-tahun mendatang, “kata Menteri Trenggono, mengutip Jumat pada 22.

Menteri Trenggono menambahkan, kerja sama dengan AKB ditujukan untuk mendukung pelaksanaan program prioritas KPBU, khususnya pengembangan budidaya perikanan dengan bahan baku berorientasi ekspor (udang, anjing, kepiting).

KKP dan AKB bekerja sama antara 2009 dan 2012. Kerjasama tersebut meliputi pelatihan dan desain intensif pembenihan ikan kakap, studi banding regulasi budidaya laut dan pertukaran informasi budidaya laut.

Bentuk pelatihannya antara lain pemberian keahlian AKB dan pemberian kontak teknis di BPBL Lombok, khususnya untuk meningkatkan manajemen kesehatan ikan dan biosekuriti. Selanjutnya, Pelatihan Singkat Produksi Ikan Laut Marine Finfish dilaksanakan di BBL Batam dengan menghadirkan para ahli dari kedua negara sebagai nara sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.