Terbitkan Aturan Baru, Mendag Resmi Cabut Larangan Ekspor CPO

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan terbaru No. 30 Tahun 2022 tentang Peraturan Ekspor Minyak Sawit Mentah, Minyak Sawit Halus, Pemutih dan Penghilang Bau, Minyak Sawit Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein dan Minyak Goreng Bekas .

Pemberlakuan peraturan ini mencabut larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO), minyak sawit olahan, pemutih dan penghilang bau (RBD), minyak sawit RBD, dan minyak goreng bekas.

Peraturan tersebut menjelaskan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 yang melarang sementara ekspor minyak sawit mentah, minyak sawit olahan, minyak sawit yang diputihkan dan dihilangkan baunya, olein sawit yang dimurnikan, diputihkan dan dihilangkan baunya, serta minyak goreng bekas.

Pasal 3 menyebutkan bahwa ekspor CPO, RBD palm oil, RBD palm olein, dan minyak goreng bekas (UCO) berdasarkan Pasal 2 hanya dapat dilakukan oleh eksportir yang memiliki izin ekspor.

Eksportir sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah eksportir yang memberikan bukti pelaksanaan penyaluran kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) CPO dengan harga jual dalam negeri (Domestic Price Obligation/DPO) kepada produsen gemset minyak curah. sesuai undangan peraturan minyak curah.

Kemudian bukti pelaksanaan pendistribusian DMO secara curah dengan DPO kepada penyelenggara jasa retail logistic dan pembelian CPO tanpa menggunakan DPO sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Atau bukti pelaksanaan DMO bagi pabrikan lain yang didahului dengan kerjasama antara eksportir dan pabrikan dalam pelaksanaan penjualan DMO, yang dilakukan melalui SINSW berupa pemancar data elektronik perdagangan.

Penerbitan bentuk usaha tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Direktur Jenderal atas nama Menteri. Kemudian PE sebagaimana dimaksud pada ayat (3) digunakan sebagai dokumen pelengkap pabean yang dipersyaratkan pada saat penyampaian pemberitahuan pabean atas ekspor barang ke kantor pabean.

Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku efektif 23 Mei 2022 itu juga mengatur bahwa pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *