Pemprov Riau Usul Proyek Tol Dumai-Baganbatu-Sigambal Mulai Digarap Tahun 2023

Pemerintah Provinsi Riau mengusulkan pembangunan ruas Tol Dumai-Baganbatu-Sigambal (JTTS) mulai tahun 2023, menyusul upaya publik untuk mengubah jalan tol pemerintah presiden.

Perubahan Perpres tersebut mencakup seluruh ruas tol yang ada di Riau, di antaranya tol Pekanbaru-Pangkalan berada pada tahap satu, sama seperti Pekanbaru-Dumai. Sedangkan tol Pekanbaru-Rengat dan Rengat-Jambi sudah tahap dua,” kata Asisten II Setdaprov Riau, Job Kurniawan, Minggu (5/6/2022).

Dia menambahkan, pembangunan jalan tol Dumai-Baganbatu-Sigambal (Sumatera Utara) dalam amandemen Peraturan Presiden tentang Jalan Tol sedang dalam tahap tiga atau akan dimulai pada 2024.

Namun, pihaknya mengklaim pembangunan jalan tol itu bergerak ke tahap dua atau mulai 2023.

Kami juga sedang bernegosiasi dengan Pemprov Sumut dan sepakat untuk mendorong pembangunan tol Dumai-Baganbatu-Sigambal memasuki tahap kedua,” katanya, dikutip dari Antara.

Bahkan, memasuki tahap kedua, diharapkan pada 2023 penentuan lokasi (Penlok) ruas tol tersebut, termasuk pembebasan lahan milik edes edeschdurgeweren.

Kalau bisa masuk tahap dua, Tol Dumai-Baganbatu-Sigambal bisa selesai dari awal, baik itu Penlok, proses ganti rugi lahan, sehingga pekerjaan konstruksi bisa dipercepat.

Menurutnya, keberadaan jalan tol diperlukan untuk membangun sentra dan kawasan industri baru di jalur JTTS, menekan biaya logistik, menyerap tenaga kerja dan pusat ekonomi di Sumatera.

JTTS yang pembangunannya dimulai pada 2015 akan dibangun sepanjang 2.812 km dengan nilai investasi Rp 538 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.