Harga Cabai Makin Pedas, Tembus Rp100.000 per Kg

Harga berbagai kebutuhan pokok di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh akhir-akhir ini terus mengalami kenaikan. Termasuk cabai merah yang harganya mencapai Rp100.000 per kilogram.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Banyak komoditas yang naik, untuk cabai merah sudah mencapai Rp 100.000 per kilogram, turun dari harga Rp 85.000 per kilogram dua hari lalu,” kata pedagang pasar Keutapang Kamal di Aceh Besar, seperti diteriakkan, Rabu (15/6).

“Jadi dalam beberapa hari terakhir hampir semua komoditas justru naik, harga tomat juga naik Rp 2.000,” kata Kamal.

Hal senada disampaikan pedagang sembako lainnya, Irman mengatakan, kenaikan harga sembako khususnya Cile, keadaan ini terjadi karena sebagian besar barang di luar Aceh.

“Harga naik karena banyak barang asing, suplai petani lokal lebih sedikit, juga banyak petani lokal yang menjualnya karena lebih mahal,” kata Irman.

Laut Irman, sangat mungkin harga cabai merah akan terus naik mengingat komoditas tersebut masih sangat langka hingga bulan lalu.

Penyebab Kenaikan Harga

Secara terpisah, Direktur Perdagangan Banda Aceh Diskopukmdag Ichlas juga mengatakan harga cabai merah di ibu kota provinsi itu naik menjadi Rp 95.000 per kilogram.

Ada kenaikan juga, dari data kita dapat cabai merah dari Rp 85.000 menjadi Rp 95.000 per kilogram, bawang merah juga naik dari Rp 60.000 menjadi Rp 65.000 per kilogram,” ujarnya.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Ichlas mengatakan, kenaikan harga sembako terkait stok cabai dan bawang merah di Aceh saat ini sangat terbatas akibat banyak gagal panen.

Stok cabai dan bawang merah memang kurang, di areal tanam banyak yang gagal panen. Jadi pasokan Banda Aceh kering sedangkan permintaan stabil dan cenderung naik,” kata Ichlas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.